Cara Cek Tagihan BPJS Tanpa Datang Ke Kantor

Cara Cek Tagihan BPJS Tanpa Datang Ke Kantor – Mengcek tagihan BPJS sekarang ini menjadi kebiasaan yang baru untuk masyarakat saat ini. Karena, banyak masyarakat yang mengikuti program dari pemerintah dengan yang menyediakan asuransi kesehatan ini. BPJS Kesehatan sendiri merupakan sebuah lembaga atau badan publik milik pemerintah yang menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk masyarakat.

Pada dasarnya BPJS Kesehatan menjadi layanan jaminan kesehatan nomor dua paling banyak diminati bagi masyarakat baik untuk kelas bawah sampai menengah. Untuk dapat mengikuti program dari pemerintah Anda diharuskan terdaftar terlebih dahulu sebagai anggota BPJS.

Setelah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, tentu Anda memiliki kewajiban untuk membayar iuran tiap bulan yang jumlahnya tergantung jenis layanan yang dipilih. Anda pun perlu mengetahui cara cek tagihan BPJS yang lebih mudah untuk menghindari masalah pembayaran yang mungkin saja terjadi.

Tagihan Anggota BPJS

Tagihan Anggota BPJS

Meskipun BPJS Kesehatan merupakan layanan kesehatan yang difasilitasi oleh Pemerintah sayangnya ini tidaklah gratis, masyarakat hanya diberi subsidi dana kesehatan yang diambil dari Mentri Kesehatan, sebagaimana asuransi kesehatan lainnya, untuk Anda yang ingin mempunyai jaminan kesehatan harus bersedia membayarkan iuran wajib yang setiap bulannya bagi anggota yang telah terdaftar.

Sesuai dengan Pepres Nomor 64 Tahun 2020 terdapat beberapa pilihan kelas dari BPJS beserta dengan besarnya tagihan yang berbeda yang harus dibayarkan. Berikut ini rincian selengkapnya:

Tarif bagi peserta mandiri pekerja bukan untuk penerima upah atau PBPU dan bukan untuk pekerja BP:

  • Kelas 1 : Rp 150 ribu
  • Kelas 2 : Rp 100 ribu
  • Kelas 3 : Rp 35 ribu

Tarif bagi penerima upah atau PPU atau karyawan

  • Karyawan wajib membayar 1% dari total gaji
  • Perusahaan wajib membayar 4% dari total gaji karyawan
  • Gaji maksimal yang dihitung 12 juta rupiah

Tarif bagi penerima bantuan iuran atau PBI

Untuk tagihan BPJS Kesehatan dibayarkan oleh pemerintah sebanyak Rp 42 ribu.

5 Cara Cek Tagihan BPJS Tanpa Datang Ke Kantor

Seperti halnya berbagai kewajiban bulanan lain, Anda pun harus menunaikannya tepat waktu untuk menghindari tunggakan pembayaran yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak. Selain sekedar membayar tepat waktu, Anda juga perlu mengetahui cara cek tagihan BPJS agar anggaran bulanan tidak menjadi kacau.

1# Lewat website resmi BPJS

Pilihan website resmi BPJS merupakan pilihan utama sebagai opsi yang paling valid. Layanan yang bisa Anda akses dengan bantuan perangkat smartphone maupun laptop yang terkoneksi ke internet ini menjadi pilihan banyak pengguna masa kini karena lebih simpel.

Caranya adalah dengan membuka browser lalu kunjungi https://bpjs-kesehatan.go.id lalu klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” dari halaman utama sebelah kiri website tersebut. Pada halaman baru yang muncul, silakan isi Nomor Kartu dan Tanggal Lahir pemegang kartu berikut kode yang diminta untuk keperluan validasi. Setelah itu klik “Cek” untuk melihat rincian tagihan baik yang terbayar dan belum dibayar.

2# Melalui Layanan SMS

Jika Anda erkendala oleh akses internet yang terbatas, maka Anda bisa menggunakan layanan SMS untuk melakukan pemeriksaan tagihan BPJS. Layanan SMS Gateway bisa Anda akses di nomor 08777 5500 400 dimana berbagai informasi terkait layanan BPJS Kesehatan bisa Anda dapatkan.

Informasi seperti jumlah tagihan bulanan hingga denda jika ada tunggakan bisa Anda ketahui dengan mudah cukup berbekal pulsa untuk SMS dan salah satu data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA) hingga Nomor Induk Pegawai milik yang bersangkutan.

Nah, untuk melakukan cek tagihan BPJS via SMS ini Anda bisa mengirim SMS dengan format “Tagihan[spasi]Nomor Data Pribadi” dan kirim ke 087775500400. Berikutnya Anda akan mendapatkan SMS balasan berisi informasi BPJS baik tagihan maupun tunggakan (jika ada).

3# Melalui Aplikasi Mobile JKN

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi mobile JKN untuk mengetahui status tagihan BPJS. Setelah mendownload aplikasi di PlayStore atau App Store, lakukan registrasi akun baru lalu login ke akun mobile JKN Anda. Berikutnya, pilih menu Tagihan dan pilih Premi yang akan memperlihatkan informasi tagihan dan pembayaran BPJS Kesehatan.

4# Cek Melalui Mobile Banking

Selain bayar BPJS pakai Aplikasi Mobile JKN Anda juga dapat cek tagihan BPJS Kesehatan lewat mobile banking. Sebagai contoh disini kami akan menjelasakan bayar tagihan BPJS menggunakan aplikasi BCA Mobile, adapun caranya berikut ini:

  • Silahkan Anda buka aplikasi BCA mobile
  • Lalu klik menu “m-payment”.
  • Berikutnya klik opsi BPJS.
  • Selanjutnya pilih BPJS Kesehatan.
  • Dan klik “Input No. Bayar”.
  • Lalu isi nomor JKN KIS BPJS Kesehatan yang terdaftar.
  • Selanjutnya klik “OK”. Terakhir klik “Send”.
  • Tunggulah beberapa saat maka muncul info tagihan yang perlu anda bayarkan.

Apabila Anda memakai mobile banking dari bank lain, untuk langkah-langkah pembayaran tagihan tidak jauh berbeda. Jika Anda merasa kesulitan atau mengalami kendala saat mengikuti tutorial ini, silahkan untuk langsung menghubungi layana customer service dari bank yang dipakai saat ini. Hal yang wajib Anda ingat saat mengecek biaya tagihan lewat mobile banking atau atm, pastikan harus menambahkan angka 11 digit terakhir pada no anggota dikartu Anda.

5# Cek Melalui Call Center

Cara cek tagihan BPJS kesehatan berikutnya adalah dengan melakukan panggilan call center BPJS kesehatan. Anda dapat langsung telepon call center di nomor 1500-400. Berikutnya, Anda diminta untuk menyebutkan nomor kartu BPJS Kesehatan yang anda miliki serta informasi pribadi lainnya sesuai yang diminta. Berikutna Anda diberikan informasi nominal tagihan yang perlu Anda bayarkan. Selain melalui telepon, Anda juga dapat mengunjungi langsung Mall Pelayanan Publik atau MPP terdekat di kota Anda tinggal.

Penutup

Mengatasi masalah download file pada browser menggunakan Internet Download Manager biasanya IDM tidak muncul saat di browser, coba cek beberapa penyebabnya.

Itulah beberapa cara cek tagihan BPJS yang biasanya dipilih oleh kebanyakan orang tanpa harus pergi ke kantor pengelola layanan jaminan kesehatan tersebut. Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang juga bisa dipilih jika ketersediaannya lebih mudah dijangkau bagi Anda. Sebut saja seperti layanan Care Center 1500 400, layanan Mobile Customer Service (MCS) maupun Mal Pelayanan Publik (MPP) di beberapa daerah.

Leave a Comment