Cara Membuat Google Form Lebih Praktis

Cara Membuat Google Form – Google Form atau disebut juga Google Formulir merupakan fitur Google Drive untuk membantu pengguna membuat formulir online yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran event, survey, quiz, cv lowongan, pengumpulan data dan sebagainya. Pada dasarnya, cara membuat Google formulir ini bisa dikatakan sangat mudah dan dapat langsung dipraktekkan oleh pemula sekalipun.

Meskipun tergolong mudah, Anda juga perlu mengetahui beberapa persyaratan yang diperlukan dalam cara membuat Google formulir ini. Tentu saja, persyaratan utama yang dibutuhkan untuk membuat formulir ini adalah Anda sudah memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Akun Gmail ini akan digunakan untuk mengakses Google Drive, wadah dari formulir yang akan dibagikan secara online.

Banyak sekali keunggulan yang yang dimiliki oleh Google Form ini bisa anda coba yaitu tersedianya bermacam bentuk jenis pertanyaan yang komplit. Misalnya dari jenis pertanyaan opener, lalu jenis pilihan ganda, checkbox, dropdown, short answer, multiple choice grid, tentu saja masih banyak lagi.

Membuat Google Form Untuk Quiz

Tentang Google Form

Walaupun pada awalnya kemunculannya tidak begitu familiar bagi para pengguna Internet, Google Form cukup populer di tahun 2021 dan menjadi salah satu produk terbaik untuk pembuatan formulir atau survey terbaik yang dapat Anda pakai secara praktis. Bergunauntuk keperluan apapun, baik itu formal maupun non formal.

Jadi Anda dapat membuat Google Form dengan beberapa step mudah saja. Bahkan salah satu alasan terbaik mengapa kami menginformasikan kepada Anda untuk memaki Google Form adalah karena praktis dan efisien, dan mendapatkan sajian data lebih cepat.

Di awal 2021 ini, Google mensosialisasikan produk terbaru Google Workspace dan Personal Service. Jadi, jika Anda merupakan sebuah perusahaan membutuhkan sebuah analisa data cukup menggunakan Google Workspace premium.

Karena banyak sekali kelebihan yang didapatkan dari Google Workspace jauh lebih spesifik, lebih khusus, lebih mudah, dan pengolahan data lebih terstruktur membuat Anda dapat meningkatkan efisiensi olah data perusahaan.

Namun apabila hal ini disetujui oleh perusahaan Anda tentunya, walaupun memakai Personal Service juga boleh saja kok.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat Google Form yakni mengunjungi halaman Google ataupun bisa juga lewat Google Drive yang Anda miliki.

10 Cara Membuat Google Form Lebih Mudah

  1. Login ke akun Google atau Gmail Anda lalu akses layanan Google Drive dengan cara mengklik ikon Drive (bentuk segitiga dengan warna hijau, kuning dan biru.
  2. Di Google Drive, klik ikon bertanda + atau “Baru” lalu pilih pilihan “Lainnya” yang akan menampilkan beberapa pilihan file dimana Google Formulir adalah salah satunya.
  3. Berikutnya Google Formulir akan terbuka, dan di tab “Pertanyaan”, Anda bisa menginput judul formulir sesuai maksud Anda membuat formulir tersebut.
  4. Di kotak “Judul Formulir” ada beberapa kotak pertanyaan yang bisa Anda isi sesuai keinginan. Di bagian kanan dari kotak tersebut, Anda bisa melihat pilihan jenis pertanyaan yang bisa dipilih dengan opsi respon yang berupa Jawaban Singkat.
  5. Di tampilan ini, Anda juga bisa mengisi pertanyaan yang akan diajukan dengan cara mengklik kolom yang tersedia. Untuk lanjut ke pertanyaan berikutnya, Anda bisa mengklik ikon + dan seterusnya.
  6. Anda juga bisa memilih opsi pertanyaan lain misalnya pertanyaan yang memiliki opsi jawaban misalnya pertanyaan jenis kelamin dengan opsi jawaban pria dan wanita. Selain itu, Anda juga bisa memilih opsi “Paragraf” untuk pertanyaan yang memungkinkan responden menginput jawaban panjang.
  7. Apabila Anda menginginkan responden mengirim file dari formulir tersebut, misalnya meminta orang untuk mengunggah foto, dokumen ataupun PDF, maka Anda bisa memilih opsi pertanyaan “Unggah data” kemudian tentukan batasan seperti jenis file, jumlah file hingga ukurannya secara spesifik.
  8. Anda bisa menentukan warna formulir dari menu “Colour Palette” yang ada di kiri atas. Sementara utnuk melihat tampilan formulir untuk pratinjau, Anda bisa menggunakan menu “Preview”.
  9. Setelah Anda melihat pratinjau formulir dan sudah yakin dengan formulir tersebut, klik “Kirim” untuk mulai mempublikasi Google formulir tersebut. Anda bisa mengirim formulir ke alamat email tertentu maupun ke publik.
  10. Jika Anda merilis formulir tersebut untuk umum (publik), maka sebaiknya Anda membagikan tautan dengan opsi “Perpendek URL” aktif (dicentang) agar link menjadi lebih sederhana dan mudah dibagikan.

Cara Cek Hasil Pengisian Google Form

Untuk langkah penting lainnya yang juga wajib Anda ketahui yaitu bagaimana cara buat mengecek hasil isi data Google Form. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. Log In ke akun Google Form yang Anda buat.
  2. Pada dashboard silahkan pilih Responses.
  3. Google secara otomatis menampilkan hasil data sesuai subjek yang telah dibuat.
  4. Jika Anda ingin menyimpan data formulis bisa klik Download lalu pilih format *csv ataupun format lainnya.

Jadi untuk Anda yang telah terbiasa memakai layanan personal dari Google Form ini, maka Anda harus melakukan langkah analisis data sendiri ya.

Biasanya Google akan memberikan data secara lengkap dan efisien. Tetapi untuk langkah-langkah berikutnya yang dapat Anda pelajari yaitu analisis yang matang.

Terlebih lagi bagi Anda yang pakai Google Form untuk membantu membuat metode survey di dalam bisnis Anda.

Penutup

Mau tahu bagaimana Cara Cek Tagihan BPJS tanpa harus datang ke kantor pelayanan? ternyata bisa loh, cek dulu penjelasannya.

Demikianlah cara membuat Google formulir yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Menggunakan layanan populer seperti yang ditawarkan Google memang dapat mempermudah tugas dan pekerjaan Anda. Namun tetap pergunakan dengan bijaksana.

Leave a Comment